Diet Paleo

Makan seperti manusia gua dan menurunkan berat badan. Itulah teori dibelakang diet Paleo. Seorang pakar mengkaim bahwa dengan memakan seperti nenek moyang kita di jaman pre-histori, kita akan menjadi kurus lalu tentunya mengurangi resiko terkena diabetes, sakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainya. Dikatakan diet orang gua atau yang orang sebut “Paleo” dikarenakan kita mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat yang menjanjikan mu akan mengurangi berat badan walau tanpa mengurangi kalori harian.

Apa Yang Kamu Makan Dan Yang Tidak

Ketika menjalankan diet ini, kamu akan memakan daging tak berlemak, ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Kamu dapat memakan makanan seperti :

Telur
Kacang-kacangan dan biji-bijian
Bermacam minyak sehat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa

Kamu tidak bisa memakan makanan olahan pada diet ini. Dan sejak nenek moyang kita adalah pemburu dan peramu bukanya seorang petani, kamu boleh melupakan gandum dan susu pada diet ini bersamaan dengan legume. Makanan-makanan yang dihindari:

Susu
Gula refinasi
Kentang
Garam
Minyak kanola

Tidak ada perhitungan pada kalori, dan buah-buahan dan sayuran-sayuran akan membuatmu kenyang seperti daging tanpa lemak. Diet Paleo memperbolehkan mu untuk berbuat curang khususnya ketika kamu baru saja memulai diet ini. Kamu boleh makan apa yang ingin kamu makan 3 kali sehari selama seminggu yang biasa disebut “open meal” atau kamu dapat menantang dirimu untuk menetapkan “open meal” sekali seminggu.

Seberapa Ampuhnya Diet Ini

Menghilangkan semua gandum, susu, makanan olahan, gula, dan lain-lain akan membuat berat badanmu turun. Rencana yang susah untuk diikuti dalam jangka waktu yang lama disebabkan oleh batasan atau larangan diet. Ada beberapa penelitian pada aspek tertentu dari diet Paleo. Ketika mereka tidak setuju semua klaim yang telah dibuat di dalam buku, mereka telah menemukan diet yang kaya akan protein rendah lemak dan mengkonsumsi makanan tumbuhan dapat membuatmu kenyang, mengendalikan gula darah, dan membantumu menurunkan berat badan.

Apa Itu Baik Untuk Kondisi Tertentu

Pengarang buku tersebut mengklain ada uji cobak klinis yang memperlihatkan sebuah diet Paleo dapat menurunkan resiko penyakit jantung, tekanan darah, dan radang, ditambah berat badan berkurang, dan mengurangi jerawat. Mengurangi garam dan makanan olahan membuat diet rendah sodium ini baik untuk orang yang terkena darah tinggi. Tanyakan pada dokter sebelum kamu memulai diet ini.

Jika Kamu bisa menghabiskan uang untuk membeli makanan yang belum diolah dan mau meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan di dapur, mungkin diet ini akan membuat berat badanmu tuurn. Untuk mengisi kesenjangan nutrisi, baiknya kamu mengkonsumsi suplemen yang mengandung folate, vitamin B, kalsium dan vitamin D. Jika kamu lebih memilih jalan yang lebih fleksibel untuk menurunkan berat badan, kurangi mengkonsumsi daging, dan makanlah makanan yang beragam.